Ternak Bebek Prospek  Bisnis Rumahan Yang Manjanjikan

MUKTIJAYA – Selain mempunyai lahan pertanian dan Perkebunan yang luas terutama pada sektor pertanian dan pariwisata, Desa Mukti Jaya, Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin, Desa yang dikenal sangat berkembang dan mandiri, desa ini juga sangat berpotensi disektor peternakan, salah satunya ternak bebek.

Dikatakan Kepala Desa Muktijaya, Simon Purwadi Desa ini juga mempunyai banyak sungai-sungai yang terbentang di belakang rumah-rumah warga dan di perbatasan lahan persawahan. Hal ini sebagai salah satu peluang dalam pengembangan peternakan.

“Banyaknya sungai dan pekarangan rumah yang dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan disektor peternakan, terutama ternak bebek. Pakan ternak bebek tidak begitu sulit hanya memanfaatkan lahan setelah selesai panen  juga dapat memanfaatkan padi sisa-sisa panen dan pakan berasal dari alam sendiri seperti siput dan enceng gondok yang ada di perairan sawah,” kata Simon Purwadi, Jumat (19/03/2021).

“banyak warga kami yang mengembangkan usaha ternak bebek sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan dan pengembang biakan pun sangat sederhana, hanya didukung dengan alat bantu sederhana yaitu menggunakan alat penetas lampu penerangan listrik. Awal mula bermodalkan dua pasang itik dan lampu penerangan listrik, hingga saat ini jumlahnya sudah mencapai puluhan ekor itik dalam 3 bulan,” tambah Simon Purwadi.

Sunyoto mengatakan bahwa, uji coba pengembangan peternakan ini hanya menggunakan alat bantu sederhana dan didukung menggunakan makanan ternak sederhana, yaitu pemanfaatan enceng gondok dan siput sawah. Suntoyo agar pmerintahan kedepannya dapat memperhatikan juga para pengembang peternak yang ada di desa-desa, khususnya di Desa Muktijaya Kecamatan Telang, Kabupaten Banyuasin.

 

Laporan Jurnalis Desa Mukti Jaya

Putra &  Arofik