ilustrasi - foto pasar

Sejarah Pasar Jumat Mukti Jaya Berdiri Sejak Tahun 1973

MUKTI JAYA — Peran pasar dalam perekonomian sangatlah vital, bahkan pasar diibaratkan sebagai jantung perekonomian. Hal ini dikarenakan, banyak pihak yang menggantungkan kelangsungan hidupnya dengan kegiatan pasar, sehingga dinamis dan lesunya perekonomian akan tampak dari berlangsungnya kegiatan di tempat tersebut.

Dalam mendukung roda perekonomian masyarakat di Mukti Jaya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin  terdapat sebuah pasar tradisonal yang dimanfaatkan sebagai  lokasi perdagangan jual – beli.

Dikatakan Zainal pengelola Pasar Jumat, pasar atau kalangan masyarakat biasanya menyebutnya, dibangun sejak tahun 1973, pasar inilah yang menjadi salah penopang roda perekomian masyarakat tidak hanya masyarakat Desa Mukti Jaya.

“Pasar jum,at ini merupakan pasar tradisional yang terletak di Rt/Rw 25/01 Desa Mukti Jaya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasian. Pasar ini dibuka 1 kali dalam satu minggu, aktifitas pasar dimula padai pagi hari sampai siang hari,” kata Zainal, Jumat (12/03/2021).

“Pasar jum’at berdiri sejak tahun 1973, pasar merupakan pasar milik desa yang saya kelolah berdasarkan lelang. Pasar ini seluas ini memiliki hampir 150 pedagang, menghidupi pasar pengelola menarik sistem retribusi kepeada para pedagang, mulai dari Rp 2.000,- untuk pembersian dan Rp 3.000,- untuk lapak,” ungkap Zainal.

Zainal juga menyampaikan pasar ini meyediakan berbagai macam kebutuhan sehari- hari baik kebutuhan pangan maupun sandang. Pedagang rata-rata warga Desa Mukti Jaya dan ada juga datang dari luar Desa seperti  Telang Jaya, Palembang, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

 

Laporan Jurnalis Desa Mukti Jaya

*Heriyansyah