Foto Petani Membajak Sawah

Rice Transplanter  Pemudah Petani  Tanam Beniih Padi

MUKTI JAYA – Mesin penanam padi merupakan salah satu kecanggihan teknologi di bidang pertanian pada saat ini.  Mesin penanam padi atau istilah lainnya  Rice Transplanter  mempermudah para petani dalam menanamkan benih padi pada saat musim tanam tiba. Seperti yang terdapat di daerah Desa Mukti Jaya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin.

I Nyoman Sukadiana warga dusun 01, Desa Mukti Jaya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin menyampaikan beralihnya petani dari pola tanam tradisional menggunakan Mesin penanam padi “Rice Transplanter” memberikan keuntungan kepada petani dalam menggarap sawah.

“Allhamdulilah, tanam padi menggunakan mesin ini sangat banyak keuntungannya. Beberapa benefitnya antara lain efisiensi waktu, contohnya dalam satu petak sawah hanya membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam dengan menggunakan mesin dibandingkan dengan proses menanam tradisional yang biasanya membutuhkan waktu hingga setengah hari,” kata I Nyoman Sukadiana Di Sawahnya, Sabtu (13/03/2021).

“Selain itu menggunakan mesin tanam padi  dapat menekan anggaran biaya tanam karena bisa menghemat sekitar 20% – 30% biaya , dan juga lebih hemat tenaga, karena dengan menggunakan mesin proses menanam padi hanya membutuhkan minimal 3 orang dalam pengerjaannya,” imbuh I Nyoman Sukadiana.

Selain itu menurut I Nyoman Sukadiana, untuk masa tanam dengan menggunakan mesin dirasakan lebih cepat jika dibandingkan dengan tradisional, sehingga dapat mempersingkat musim tanam, memperluas lahan garapan serta mengatasi persoalan kekurangan tenaga kerja. Sehingga akan mempercepat masa panen dan tentunya  memperbanyak hasil padi pada saat masa panen nanti. Dan dengan adanya Inovasi teknologi di bidang pertanian ini sangat memudahkan  para petani, terlebih pada sektor SDM nya karena zaman sekarang masyarakat lebih memilih bekerja di pabrik daripada berlumuran keringat dan kotor di sawah.

 

Laporan Jurnalis Desa Mukti Jaya

*Kadek Agus sarastika