Petani Mukti Jaya Tebar Bibit Padi Gunakan Blower

MUKTI JAYA — Petani Mukti Jaya, Kabupaten Banyuasin meninlai penyebaran benih secara modern menggunakan alat misblower dinilai efektif dan efisien terutama dalam mempersingkat waktu pekerjaan bahkan hasil dari sebaran benih lebih merata dibandingkan sebaran benih secara manual.

Suryadi (31) petani Desa Mukti Jaya, warga RW.04, Suryadi mengatakan lebih memilih menyebar benih dengan menggunakan alat misblower dari pada manual,  menurut apabila penyebaran benih menggunakan mesin blower maka jarak tanam menjadi rata dan tidak bergerombol dan waktu menjadi lebih cepat.

“Dengan menggunakan mesin blower bibit pun bias di sesuaikan dengan selera masing-masing seseorang misalnya satu hektare sampai 100kg dan mesin blower juga bias digunakan untuk menyebar pupuk,” kata Suryadi, Sabtu (06/03/2021).

Seperti diketahui salah satu ciri utama petani modern adalah produktifitas, efisiensi, mutu, dan kontinuitas, pasokan yang terus menerus harus selalu meningkat dan terpelihara. Baik itu komoditi tanam pangan (hortikultural).

Menghadapi pasar dunia yang telah di kemas dengan kualias tinggi dan memilii standar tertentu. Tentu saja produk dengan mutu tinggi tersebut dihasilkan melalui suatu proses yang menggunakan muatan teknologi standar. hal tersebutlah menumbuhkan kesadaran para petani di Desa Mukti Jaya untuk lebih produktifitas dalam meningkatkan hasil pertanian mereka.

Laporan Jurnalis Desa

Zaelani Ambar dan Lia Wulansari