Pupuk Subsidi Langkah, Berdampak Tidak Optimalnya Hasil Pertanian Petani

MUKTIJAYA – Pupuk subsidi disektor pertanian di Muktijaya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Bnayuasin mengalami kelangkaan pupuk bersubsidi sehingga, para petani mengkhawatirkan pertumbuhan padi yang ditanam akan mengalami perkembangan yang kurang baik sehingga, hasil panen akan mengalami kemrosotan pada hasil yang di peroleh.

Salah seorang petani Mukti Jaya, I Nyoman mengatakan, kelangkaan pupuk ini terjadi karena kurangnya pasokan pupuk yang disediakan sehingga petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi.

“Kelangkaan pupuk subsidi ini sudah terjadi dua tahun belakangan ini, pristiwa inilah yang terjadi pada petani-petani. Harapan para petani ialah agar stok pasokan pupuk subsidi ditambah agar tidak kebingungan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi, karena kurangnya pupuk subsidi petani terpaksa membeli pupuk NON SUBSIDI,” kata I Nyoman, saat diwawancarai Jurnalis Desa di sawahnya di RT 05 Desa Mukti Jaya, Sabtu (14/03/2021).

“Harganya mahal olehkarena itu petani harus merogoh kocek yang sangat besar untuk modal sarana pertanian, ditambah dengan harga padi (hasil panen) murah dan hal tersebut membuatpetani menjerit,” tutupnya.

Laporan Jurnalis Desa Mukti Jaya

*I Made Restu Prayoga