Mesin Pompa Air Axial Inovasi Pemuda Mukti Jaya

MUKTIJAYA – Jika anda melihat Pompa air Axial atau disebut juga Pompa Air Mobile yaitu pompa air yang berukuran relatif lebih kecil dari pompa biasanya dan mudah dipindahkan kemana-mana merupakan ide kreatif dan inovasi yang dihasilkan/buat pemuda Mukti Jaya.

Teguh Setiawan (43) pembuat pompa Air Axial ini mengatakan, alasan beliau membuat alat tersebut yaitu karena kebutuhan masyarakat untuk mengairi sawah. Warga masyarakat pun begitu antusiasnya dengan pompa ini.

“ Sejak Januari 2020 saya mulai mencoba untuk membuatnya, hingga saat ini sudah 20 unit terjual kepada masyarakat. Cara pembuatannya sederhana, mulai dari pemotongan paralon, penyambungan paralon, pengerjaan pembesian  (as kipas, kipas, tapak mesin dan saringan) dilakukan secara individu, kata Teguh Setiawa, dikediaman beliau di RT 7 Desa Mukti Jaya, Sabtu (06/03/2021).

“Pompa ini menggunakan bahan bakar Bensin dan LPG, dibagian bawah pompa ini juga diberi ban Sorong untuk memprmudah penggunaannya,” jelas Wawan sapaanya akrabnya sehari-hari.

Wawan juga menambahkan, kedepannya semoga lebih banyak petani yang terbantu oleh pompa air Axial dan semoga pompa ini dapat berkembang lebih luas hingga keluar daerah.   Semakin berkembangnya zaman Desa Mukti Jaya akan semakin maju dengan inovasi baru dan dengan adanya dukungan pemerintah yang memadai.

Laporan Jurnaliis Desa Mukti Jaya

*Mustika Rahayu