PEMERINTAH KABUPATEN

Sejarah Singkat Pembentukan Kabupaten Banyuasin

Kabupaten Banyuasin dibentuk berdasarkan pertimbangan pesatnya perkembangan dan kemajuan pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan umumnya dan khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin yang diperkuat oleh aspirasi masyarakat untuk menlngkatkan penyelenggaraan pemrintahan pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan guna menjamin kesejahteraan masyarakat.

Status daerah yang semula tergabung dalam Kabupaten Musi Banyuasin berubah menjadi Kabupaten tersendiri yang memerlukan penyesuaian, peningkatan maupun pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung terselenggaranya roda pemerintahan.

Selanjutnya, setelah melalui proses pemilihan yang demokratis oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Banyuasin, Ir. H. AMIRUDDIN INOEDterpiIih sebagal Bupati definitif Kabupaten Banyuasin Periode 2003 — 2008.

Hasil pemilihan tersebut, kemudian disahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui penerbitan SK Mendagri Nomor 131.26-442 Tahun 2003.

Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin secara resmi dilantik oleh Gubernur Sumatera Selatan pada tanggal 14 Agustus 2003. Secara yuridis pembentukan Kabupaten Banyuasin disahkan dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2002. Berdasarkan UndangUndang tersebut maka Menteri Dalam Negeri RI dengan Keputusan Nomor 131.26- 255 Tahun 2002 menetapkan Ir. H. AMIRUDDIN INOED sebagai Pejabat Bupati Banyuasin.

VISI DAN MISI BANYUASIN 2018 – 2023

VISI

Terwujudnya Kabupaten Banyuasin yang Berdaya saing, Aman, Nyaman, yang Warganya Guyub dan Kreatif berdasarkan Keimanan dan Ketaqwaan menuju Keadilan dan Kesejahteran untuk semua.

( BANYUASIN BANGKIT, ADIL DAN SEJAHTERA)

 MISI

  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia Banyuasin yang berdaya saing tinggi mealui Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas
  • Meningkatkan Keamanan, Kenyamanan, dan Demokratis di Banyuasin
  • Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan masyarakat dengan Nilai-nilai Kerukunan, Kebersamaan serta kreativitas sehingga mampu berprestasi Gemilang
  • Meningkatkan Nilai tambah Sumber Daya Alam, Sumber Daya Ekonomi menuju Banyuasin yang Sejahtera
  • Meningkatkan Keterbukaan dan Keadilan untuk semua