Simon Purwadi ; Saatnya Dunia Melihat Mukti Jaya

MUKTI JAYA — Tindak lanjut kunjungan ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ( Kemendesa PDTT RI), LPPNU Sumatera Selatan terus melakukan pendampingan kepada Desa Mukti Jaya, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang mulai melakukan pelatihan jurnalis desa kepada para pemuda/i desa.

“Jadi ini merupakan bentuk komitmen LPPNU Sumatera Selatan dalam melakukan pendampingan kepada desa agar dapat maju dan berkembang baik secara infrastruktur, teknologi, pertanian dan perekonomian didorong dengan pengembangan digitalisasi desa,” kata Nano disela Pelatihan Jurnalis Desa di edung serbaguna Desa Mukti Jaya, Sabtu (06/03/2021).

Ketua LPPNU Sumatera Selatan, Fauzi melalui Sekretaris LPPNU Sumatera Selatan Nano menyampaikan, mendigitalisasi desa perlu sentuhan kegotong-royongan masyarakat yang memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan desa.

“Hari ini dilakukan pelatihan kepada pemuda/i desa dengan melibatkan mentor-mentor berkompetan dalam bidangnya. Kita mengandeng Rumah Digital Production (RDP), Ketua PWI Banyuasin bung Diding Karnadi, Jurnalis Inews TV Riza Vahlevi dan Pemerhati Sosial Jay Marta. Mentor-mentor ini kami nilai mampu membagikan ilmu dan pengalamannya dalam mengemas berita yang bernilai informasi positif untuk masyarakat nantinya,” terang Nano.

Pelatihan Jurnalis desa ini merupakan serangkaian dalam mewujudkan Mukti Jaya sebagai desa digital dalam pengoptimalan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, hal ini diutarakan Kepala Desa Mukti Jaya, Simon Purwadi.

“Jadi dalam dua hari 6-7 maret 2021 Desa Mukti Jaya mulai melakukan pelatihan jurnalis desa. Peserta merupakan pemuda/i dari 24 dan RT 3 Dusun. Para pemuda/i ini nantinya sebagai corong informasi dan sosialisasi desa digital kepada masyarakat, tidak hanya Kabupaten, Provinsi dan Nasional, tapi Dunia juga bisa melihat Mukti Jaya,” kata Simon Purwadi.

“Sinergi pemerintah dan pemuda/i desa inilah nantinya yang dapat mewujudkan program desa digital ini. LPPNU Sumatera Selatan pun terus melakukan pendampingan untuk terwujudnya Mukti Jaya sebagai desa digital. Diharapkan nantinya dengan desa digital dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat terutama pelayanan dalam keadministrian penduduk,” ungkap Simon Purwadi.

Selain itu ditambahkan Simon Purwadi untuk mensukseskan desa digital ini pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banyuasin, sebelum nantinya dilakukan lounching.

Reporter : Eko